Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Terbakar di Selat Buton, Enam Orang Tewas

Kompas.com - 07/08/2016, 18:57 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Sebuah kapal motor (KM) lintas samudera yang memuat 20 orang penumpang terbakar di perairan Selat Buton, Sulawesi Tenggara, Minggu (7/8/2016). Enam orang tewas dalam insiden itu, sementara 14 orang lain selamat.

Kepala Polres Muna AKBP Yudith S Hananta mengatakan, kapal fiber atau perahu motor itu bertolak dari Pelabuhan Laino Raha di Kabupaten Muna pukul 12.30 Wita menuju Maligano, Muna, dengan menggunakan 4 mesin tempel merek Yamaha 40 PK.

Sekitar pukul 13.10 Wita, kapal yang dinakhodai La Naona bin La Sanuka itu terbakar. Semua penumpangnya melompat ke laut.

"Enam penumpang yang meninggal itu kami perkirakan tidak bisa berenang karena semua penumpang dan ABK lompat ke laut setelah kapal terbakar," kata Yudith, Minggu malam.

Keenam penumpang yang meninggal itu terdiri dari 2 balita, 1 lansia, dan 3 wanita dewasa.

Hasil penyelidikan sementara, api berasal dari percikan api mesin yang menyambar jeriken bensin.

Selain mengangkut penumpang, kapal tersebut juga memuat 100 jeriken bensin dan 3 unit motor.

"Satu ABK menyalakan 3 mesin kapal. Pas mesin keempat, muncul percikan api dan menyambar selang bensin bahan bakar mesin dan api membesar," kata Yudith.

Keenam korban tewas dibawa ke rumah sakit umum daerah terdekat oleh petugas Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan, SAR Pos Baubau, dan beberapa kapal nelayan yang berada dekat dari lokasi kejadian.

Saat ini, Polres Muna masih menyelidiki penyebab pasti atas insiden kapal terbakar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com