Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Sembako, E-Warung Juga Jual LPG dan Pupuk Bersubsidi

Kompas.com - 06/08/2016, 17:16 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - E-warung Koperasi Usaha Bersama Elektronik (KUBE) tidak hanya menjual sembako untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), namun juga menjual pupuk bersubsidi dan LPG 3 kilogram.

Fitur transaksi elektronik baru yang difasilitasi Bank BNI tersebut diujicoba resmi oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah dan Menteri BUMN, Rini Soemarno di e-Warung KUBE milik Suparmi, di Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo Surabaya, Sabtu (6/8/2016).

Transaksi elektronik tersebut menggunakan Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera. Khofifah mengatakan, selama ini persoalan utama yang terjadi pada bantuan sosial adalah tidak tepat sasaran.

"Dengan model seperti ini potensi tidak tepat sasaran bisa dihindari. Sebab, penerima bantuan sosial atau subsidi akan didata dan didaftar sesuai prasyarat yang telah ditentukan," katanya.

Ke depan, bantuan sosial yang berasal dari berbagai kementerian akan digabungkan ke sistem e-warung yang pembinaannya dilakukan oleh beberapa bank milik negara.

"Bila sistem ini berjalan lancar, maka tujuan utama mempercepat kesejahteraan masyarakat di Indonesia dapat tercapai," ucapnya.

Kartu E-warung, lanjut dia, adalah terobosan untuk memotong distribusi kebutuhan pokok penerima program. Barang yang dibeli lebih murah karena disuplai langsung oleh produsennya.

Peresmian E-warung di Surabaya adalah yang keempat, tiga warung sebelumnya sudah diresmikan oleh Khofifah di Kota Malang, Sidoarjo, dan Mojokerto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com