Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Indonesia Berkebun 2016 Digelar di Banyuwangi

Kompas.com - 05/08/2016, 14:49 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Konferensi ke-4 Indonesia Berkebun digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tawang Alun Banyuwangi, 5-7 Agustus 2016.

Indonesia Berkebun adalah gerakan komunitas melalui media jejaring sosial yang mengambi isue lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif lewat peran masyarakat sekitar.

Saat ini, Indonesia Berkebun sudah berkembang di lebih 40 kota, 8 kampus di Indonesia dan Banyuwangi bergabung dalam komunitas sejak akhir 2014.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Banyuwangi Arief Setiawan menjelaskan, para peserta yang hadir akan membahas program dan strategi bagaimana menularkan semangat kepada publik untuk menciptakan lahan hijau di lahan perkotaan yang terbatas ini

"Jadi masyarakat bisa berkebun di lahan yang terbatas mulai menanam sayuran dan dan buah-buahan di pekarangannya. Ini bisa meningkatkan ketahanan pangan kita," ungkapnya, Jumat (5/8/2016).

Dia menjelaskan, konferensi akan diikuti perwakilan dari 24 komunitas kabupaten/kota dan 3 perguruan tinggi di Indonesia, antara lain di sekitar Jawa, Fakfak Papua, Pontianak, Balikpapan, Medan dan Makassar, serta komunitas kampus dari Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Selain konferensi, juga ada lomba pembuatan taman, pameran pertanian,serta pembelajaran teknik penanaman secara sederhana seperti bertanam dengan hidroponik dan aquaponik.

"Semua boleh datang dan belajar bersama sama di sini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com