Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamalama Erupsi, Pemkot Ternate Siaga Darurat Selama Dua Pekan

Kompas.com - 04/08/2016, 17:50 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menetapkan status siaga darurat bencana selama dua pekan. Langkah ini diambil sebagai antisipasi atas aktivitas gunung Gamalama yang masih mengeluarkan abu vulkanik hingga Kamis (4/8/2016).

“Hasil rapat tadi, kita sudah tetapkan siaga darurat selama dua minggu. Pelaksananya yaitu sekda serta kasi ops dan kabag ops dari TNI dan Polri,” kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Kamis (4/8/2016).

Siaga darurat ini dimulai Kamis, 4 hingga 18 Agustus 2016. Ini diambil sebagai antisipasi untuk mengurangi risiko dari dampak aktifitas gunung Gamalama yang menyemburkan abu vulkanik sejak Rabu (3/8/2016) kemarin.

Burhan menjelaskan, tim ini akan memantau perkembangan gunung Gamalama serta melakukan koordinasi dengan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta TNI dan Polri untuk berjaga-jaga serta mengambil langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

“Langkah-langkah jika sewaktu-waktu perlu dilakukan evakuasi, tapi itu kan saat ini belum,” kata wali kota lagi.

Sementara itu, data dari pos pemantau gunung Gamalama hingga sore ini, aktifitas gunung Gamalama masih fluktuatif. Gempa tremor masih terdengar dengan amplitude 0.5-1 mm dan ketinggian asap 300 meter dengan arah condong tenggara selatan.

“Hingga sore ini aktifitas Gamalama masih fluktuatif. Masih ada asap tebal dengan ketinggian hingga 300 meter, condong tenggara selatan,” kata Jajat Sudrajat, dari pos pemantau gunung Gamalama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com