Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beraksi di 26 Tempat, Tiga Pencuri Asal Pasar Kliwon Ditangkap

Kompas.com - 04/08/2016, 15:42 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Petualangan tiga serangkai asal Pasar Kliwon Solo dalam dunia kejahatan berakhir di tangan aparat Satreskrim Polres Semarang.

Ketiganya adalah Joko Prihatin Santosa (38), Rico Katana (22), dan Agus (35) sudah beraksi di 26 tempat selama enam bulan mencuri.

Mereka ditangkap oleh polisi di tiga lokasi yang berbeda setelah sebelumnya terungkap sindikat penadah barang curian.

"Sasaran komplotan ini adalah mushala, SPBU dan tempat peristirahatan. Sedangkan modusnya beragam, termasuk pecah kaca mobil," ungkap Kapolres Semarang AKBP V Thirdy Hardmiarso, saat gelar perkara di Kantor Polres Semarang, Kamis (4/8/2016) siang.

Setiap melancarkan aksi, ketiganya berbagi peran. Menurut Thirdy, Joko adalah otak sekaligus sebagai eksekutor, sedangkan tersangka Rico dan Agus berperan sebagai joki sepeda motor, sarana transportasi mereka untuk mencuri.

"Pertama yang ditangkap adalah Joko di daerah Boyolali, setelah itu baru Rico dan Agus," ujarnya.

Salah satu korban aksi tiga serangkai itu adalah Ali Munandar (27), warga Gabus, Kabupaten Pati, dengan modus pecah kaca mobil. Korban saat itu tengah menjalankan shalat di SPBU Tengaran Kabupaten Semarang.

"Mereka mengambil tas berisi 2 HP, uang tunai Rp 3 juta, ATM, SIM dan pakaian," ujar Thirdy.

Terkait komplotan ini, pihaknya juga masih memburu sedikitnya empat orang tersangka lainnya, yang menjadi penadah hasil kejahatan ketiga pelaku tersebut.

"Masing- masing atas nama Rifqi Ubaidillah, Riyanto Dwi Purbowo, Wiyono serta Mufid," imbuhnya.

Saat dimintai keterangan, tersangka Joko mengaku sudah 26 tempat disatroni dalam kurun enam bulan. Tak hanya di wilayah Kabupaten Semarang, aksi kejahatan mereka ini juga menjangkau wilayah Boyolali, sedangkan total uang yang didapat dari 26 TKP tersebut mencapai Rp 10 juta.

"Uangnya habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com