Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup karena Erupsi Gunung Gamalama, Bandara Ternate Dibuka Besok

Kompas.com - 03/08/2016, 09:59 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Bandara Babullah Ternate di Maluku Utara ditutup untuk aktivitas penerbangan karena Gunung Gamalama menyemburkan abu vulkanik, Rabu (3/8/2016).

Kepala Bandara Babullah Ternate, Anung, menyatakan aktivitas penerbangan di Bandara Babullah Ternate kemungkinan baru akan dibuka lagi pada hari Kamis (4/8/2016) pukul 10.00 WIT.

Dia menyatakan penutupan bandara dilakukan karena landasan pacu pesawat terdampak semburan abu vulkanik Gamalama, menyebabkan kegiatan penerbangan di bandara terganggu.

Bandara, menurut dia, akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, dan Pemerintah Kota Ternate.

"Keputusan membuka kembali aktivitas penerbangan di Bandara Babullah Ternate akan dipastikan setelah rapat internal dengan melibatkan sejumlah pihak, guna memastikan perkembangan terkini erupsi Gunung Gamalama.

(Baca juga: Gunung Gamalama Erupsi, Bandara Ternate Ditutup Sementara)

Peningkatan aktivitas Gamalama juga membuat Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Ekspres Air dan Wing Air menghentikan operasi penerbangan dari Ternate ke sejumlah kota lain di Tanah Air.

Subhan, seorang penumpang yang hendak ke Makassar, mengaku pasrah dengan keputusan Otoritas Bandara Babullah Ternate menutup seluruh aktivitas penerbangan.

"Karena ini masalah alam," ujarnya.

(Baca juga: Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com