Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Jadi Daerah Terbanyak yang Akan Gelar Pilkada Serentak 2017

Kompas.com - 02/08/2016, 14:59 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Sebanyak 20 kabupaten/kota di Aceh akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada Februari 2017 mendatang. Pemilihan kepala daerah ini juga dilakukan untuk tingkat Provinsi Aceh.

Angka ini merupakan jumlah terbanyak pada pelaksanaan pilkada serentak kedua di Indonesia.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamingkas mengatakan, untuk tahap kedua nanti akan ada 101 daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak di Indonesia.

“Dan, Provinsi Aceh merupakan daerah dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak yang melaksanakan pemilihan kepala daerah nantinya,” kata Sigit saat mengikuti peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah serentak Provinsi Aceh, di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Selasa (2/8/2016).

Selain itu, sebut Sigit, harus diakui pula bahwa Aceh menjadi daerah yang menginspirasi adanya jalur independen dalam pemilihan kepala daerah di Indonesia.

“Untuk ini Aceh memang menjadi role model di Indonesia, untuk itu juga sangat diharapkan Aceh juga bisa menjadi role model bagi pelaksanaan pilkada serentak yang damai dan tanpa politik uang,” tegas Sigit Pamungkas.

Selain itu, sebut Sigit, Aceh juga menjadi pelopor adanya pembentukan partai lokal di Indonesia.

“Di Papua, misalnya, meski sudah ada regulasinya, tapi belum bisa membentuk partai lokal. Aceh juga menjadi inspirasi bagaimana upaya mencapai kesejahteraan rakyat dengan mengubah peluru menjadi kotak suara,” kata Sigit.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan, dari 23 kabupaten kota yang ada, hanya tiga kabupaten yang tidak melaksanakan pilkada tahun 2017, yaitu Pidie Jaya, Subulussalam, dan Aceh Selatan.

Ridwan Hadi mengharapkan dukungan semua pihak agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan damai.

“Aceh sudah dua kali menggelar pilkada serentak, yakni tahun 2006 dan 2012, ada banyak hal yang menjadi pelajaran dan menjadi inspirasi bagi Indonesia, di mana Aceh menjadi daerah pertama yang melaksanakan pilkada dengan membuka kesempatan bagi calon pasangan perseorangan atau independen tanpa dukungan partai,” katanya.

Peluncuran tahapan pilkada serentak di Aceh turut dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah, komisioner KPU Pusat, serta ketua KPU Nusa Tenggara Barat.

Peluncuran juga dimeriahkan dengan konvoi logo pilkada serentak Aceh yang diarak keliling kota untuk menyosialisasikan proses pemilihan kepala daerah serentak tahun 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com