Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo soal Penerimaan Siswa Baru, Ratusan Guru Datangi Balai Kota Sukabumi

Kompas.com - 02/08/2016, 11:11 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com -  Ratusan guru swasta mendatangi Balai Kota Sukabumi, Jalan R Syamsudin, Sukabumi Jawa Barat. Selasa (2/8/2016). Aksi demonstrasi ini dipicu sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2016 yang dinilai bermasalah.

"PPDB sudah enam tahun terus bermasalah. Hal ini karena sistem yang tidak diterapkan dan adanya peraturan yang dilanggar," kata ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Endang Imam.

Menurut Endang permasalahan PPDB di Kota Sukabumi ini terus terulang. Hingga PPDB tahun 2016 pun kembali terulang bermasalah. Hingga saat ini tidak ada penyelesaian dan dampaknya berpengaruh ke sekolah-sekolah swasta.

"Sekarang banyak sekolah swasta yang kekurangan siswa, sedangkan di sekolah negeri banyak yang melebihi kuota. Akibatnya banyak guru swasta menganggur," ujar dia.

Para pendemo membentangkan spanduk besar bertuliskan "Usut tuntas dan perbaiki regulasi". Mereka juga membawa poster berisikan tuntutan terutama kaitan dengan siswa titipan.

Selain itu tampak seorang guru beraksi teaterikal dengan memanggul dua bangku sekolah. Di salah satu bangku itu terdapat poster bertuliskan "Calo PPDB online mulutnya busuk seperti cubluk".

Guru dari berbagai sekolah swasta SMP dan SMA/SMK itu juga membawa mobil bak terbuka yang dilengkap sound system. Perwakilan guru swasta silih berganti menyampaikan orasi di atas mobil tersebut.

Aksi demonstrasi para guru swasta ini mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari ratusan anggota polisi dari Polres Sukabumi Kota. Selanjutnya aksi demonstrasi akan digelar di DPRD Kota Sukabumi yang jaraknya sekitar 100 meter dari Balai Kota Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com