Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Harta Karun, Warga Penuhi Sungai Batanghari Jambi

Kompas.com - 01/08/2016, 06:12 WIB

MUARA TEBO, KOMPAS.com - Masyarakat berbondong-bondong memenuhi bantaran Sungai Batanghari di Desa Jambu Kecamatan Tebo Ulu, Jambi.

Mereka datang untuk mencari emas, setelah mendengar ada warga yang menemukan beberapa perhiasan emas yang diduga peninggalan masa lalu.

Pertama kali emas itu ditemukan oleh seorang warga, Sabli, sepekan lalu saat mancing di malam hari. Saat itu senternya mengarah ke satu benda yang mengkilap, karena penasaran ia mengambil benda tersebut dan setelah dilihat ternyata emas.

Kabar penemuan logam mulia itu menyebar di tengah-tengah masyarakat. Keesokannya masyarakat sekitar beramai-ramai menggali lokasi tersebut.

"Memang banyak juga yang dapat, ada yang dalam bentuk perhiasan, ada juga dalam bentuk batangan. Sekarang sudah pada dijual semua," kata seorang warga, Sibawaihi, Sabtu (30/7/2016).

Emas yang ditemukan masyarakat dalam berbagai bentuk, ada berbentuk liontin, cincin, koin, dan batangan.

Harga emas yang dijual ke pasaran cukup bervariasi, menurut Bawaihi pihak toko emas ada yang membeli hingga Rp 12 juta untuk satu perhiasan yang didapat di lokasi tersebut.

Hingga Minggu (31/7/2016) sore, warga masih ramai ke lokasi meski jumlahnya tidak sebanyak hari-hari sebelumnya.

Masyarakat setempat meyakini emas tersebut merupakan peninggalan masyarakat masa lampau, karena lokasi itu termasuk daerah niaga di masa lalu. (Awang Azhari)

Berita ini telah tayang di Tribun Jambi dengan judul Warga Tebo Berbondong Cari Harta Karun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com