Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Keluarkan Perpres Pendirian Universitas Islam Internasional

Kompas.com - 31/07/2016, 05:37 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengatakan sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (perpres) tentang Pendirian Universitas Islam Internasional.

Hal tersebut diucapkan Presiden di sela-sela pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-26 di Kompleks Islamic Center di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (30/7/2016).

"Harapan saya universitas ini akan menjadi sumber ilmu, sumber kajian Islam, sumber cahaya moral Islam, dan benteng bagi tegaknya nilai-nilai Islam yang berkeseimbangan, Islam yang toleran, dan Islam yang egaliter," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, sudah saatnya Indonesia sebagai sumber pemikiran dan pembelajaran Islam dunia. Negara lain harus sudah melihat dan belajar Islam di Indonesia.

"Karena Islam di Indonesia sudah seperti resep obat yang paten, yaitu Islam moderat, sedangkan kalau kita lihat di negara-negara lain masih mencari-cari formulanya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengajak kepada masyarakat untuk berpegang teguh pada Al Quran. Jokowi berpesan agar pelaksanaan MTQ Nasional ke-26 kali ini mampu menjadi momentum untuk membumikan Al Quran sehingga dapat lebih dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat.

"Seperti sejuknya hati kita sekalian melafalkan Al Quran, kita pun ingin kehidupan berbangsa, bernegara juga sejuk, damai, dan indah," kata Jokowi.

Jokowi mengajak masyarakat untuk menjaga kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara. Salah satunya ialah dengan menjaga optimisme dalam menghadapi tantangan sulit, terutama tantangan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com