Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT BUMN, Menteri Rini Nikmati "Sunrise" dan Cicipi Makanan Khas Dieng

Kompas.com - 30/07/2016, 19:00 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarmo, menikmati matahari terbit (sunrise) di puncak bukit Sikunir, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2016).

Rini datang ke Kabupaten Wonosobo bersama puluhan Direktur Utama BUMN seluruh Indonesia dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) bersama BUMN bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri dan bersahabat dengan Alam.

Selain menyaksikan keindangan matahari terbit dari ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl) di dataran tinggi Dieng ini, Rini juga sesekali ikut menggoreng dan mecicipi makanan kecil yang dijajakan pedagang di lereng bukit Sikunir.

Pada kesempatan itu, Rini mengatakan bahwa puncak Sikunir memiliki potensi luar biasa yang sangat mungkin dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi, salah satunya wisata sunrise-nya. Dia menyebut, sunrise Sikunir harus bisa berkembang lebih dari baik lagi.

Hanya saja, kata Rini, perlu pembenahan insfrastruktur pendukung menuju objek wisata Sikunir.

"Kendalanya hanya soal Infrastruktur pendukung menuju objek, sehingga tadi saya sempat bahas dengan teman-teman dari beberapa BUMN agar nanti nya mereka bersinergi melalui dana Corporate Social responsibility (CSR) untuk membenahi kendala tersebut," tegas Rini.

Menurut Rini, apabila Sikunir dikembangkan dan dikemas secara lebih optimal, maka akan memberikan efek positif bagi warga setempat dan sekitarnya.

"Semakin banyak pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar Negeri, perekonomian di sepanjang jalur menuju Dieng ini juga bakal lebih hidup," tuturnya.

Lebih lanjut, Rini menyatakan bahwa sektor pariwisata memang termasuk salah satu yang menjadi primadona bagi penerimaan devisa Negara.

Karena itu pihaknya terus berupaya mendorong banyak Daerah di seluruh Indonesia agar membenahi sektor "seksi" tersebut.

Rini meyakini Sikunir mampu menjadi salah satu destinasi wisata unggulan, karena selain memiliki alam yang indah, Sikunir juga memiliki potensi agrowisata lain seperti buah Carica, Kopi, Purwaceng dan tanaman pertanian.

Rini juga berkesempatan mengunjungi sentra tanaman dan pengolahan manisan buah Carica khas Wonosobo.

"Asalkan dibenahi penataannya, akan mampu memicu ekonomi warga menjadi lebih baik lagi," ujar Rini.

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menyambut baik perhatian dan partisipasi jajaran Kementerian BUMN dalam membenahi objek wisata bukit Sikunir terutama dalam hal insfrastruktur.

"Pembenahan infrastruktur di kawasan objek wisata juga perlu dipikirkan agar tak sampai mengganggu keseimbangan ekosistem alamnya, sehingga semua bisa berjalan sinergis, nyaman dan mampu membawa kemanfaatan bagi semua," ujar Eko. 

Kompas TV Ini Buah Unik Khas Wonosobo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com