Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fina Larasanti, Putri Pemulung Itu Menembus Batas

Kompas.com - 30/07/2016, 11:16 WIB

KOMPAS - Universitas Negeri Semarang kembali mencetak lulusan terbaik dari keluarga kurang mampu. Fina Larasanti (21), mahasiswi Jurusan Ilmu Politik dan Kewarganegaraan, lulus denganpredikat cum laude. Fina adalah putri Misiyanto (47) yang sehari-hari berprofesi sebagai pemulung di Kelurahan Sumurejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Saya sudah biasa membantu orangtua menata dan memilah barang-barang bekas kalau sedang tidak masuk kuliah. Saya tidak malu karena orangtua segalanya bagi saya, apa pun pekerjaannya," ujar Fina, lulusan SMA Negeri 12, Gunungpati, Semarang, Kamis (28/7/2016).

Anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Misiyanto dan Siti Suwanti (45) itu dinilai para dosen di Universitas Negeri Semarang (Unnes) sudah menembus batas.

Ia mematahkan anggapan bahwa anak dari keluarga kurang mampu jarang yang berprestasi. Kemiskinan justru pendorong bagi Fina untuk memacu diri menjadi lulusan terbaik di Unnes.

Fina lulus dengan skripsi berjudul "Marketing Politik Pasangan Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti". Setelah lulus dari Unnes, Fina berharap bisa mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi.

Hal itu persis seperti yang dijalani di Unnes untuk jenjang S-1. Gadis ini mendapatkan beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa berprestasi dari kalangan tidak mampu pada tahun kedua.

"Saya berkeinginan kuliah ilmu politik lagi. Kalau tidak ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, saya berkeinginan memperoleh beasiswa supaya bisa melanjutkan pascasarjana di Nasional University of Singapore," kata Fina.

Ketertarikannya pada ilmu politik tidak hanya sekadar minat. Dengan berpolitik, ia yakin berpeluang besar memperbaiki nasib bangsa. "Supaya tujuan politik itu tercapai tentunya membutuhkan etika yang baik bagi mereka yang memiliki profesi di bidang politik," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com