Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Hari Keluarga Nasional, Jokowi Bagi-bagi Sepeda Gunung

Kompas.com - 30/07/2016, 09:39 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menghadiri puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 di alun-alun Rumah jabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), jalan El Tari, Kota Kupang, Sabtu (30/7/2016) pagi.

Saat memberikan sambutan dalam acara tersebut, Jokowi sempat membagi-bagikan lima unit sepeda gunung kepada sejumlah peserta yang hadir. Namun sebelum sepeda itu dibagikan, presiden Jokowi memberikan sejumlah pertanyaan kepada empat orang.

Setelah menjawab pertanyaan itu, mereka langsung disuruh mengambil sepeda yang berada di depan podium.

Sepeda gunung pertama diserahkan kepada seorang anggota paduan suara yang bernama Fatmawati Laga setelah disuruh menyanyikan lagu mars BKKBN.

Selanjutnya, Jokowi bertanya soal baju tenun asal NTT yang dikenakannya.

”Saya saat ini memakai baju tenunan dari NTT, tapi saya mau tanya tenunan ini dari Kabupaten mana?” tanya Jokowi.

Mendengar pertanyaan itu, salah seorang siswi SMA Negeri 3 Kupang bernama Melania Boga yang berdiri di tengah dipilih Jokowi untuk naik ke atas podium untuk menjawab pertanyaan itu. Melania kemudian menjawab pertanyaan dengan benar, yakni dari Kabupaten Sikka. Dia pun langsung disuruh Jokowi mengambil sendiri sepeda gunung pilihannya.

Pada kesempatan ketiga, Jokowi memberikan pertanyaan tentang tiga jenis imunisasi. Seorang warga bernama Wati Rae kemudian menjawab. Namun, meski jawabannya tidak tepat, dia tetap dipersilakan memilih sepeda di depan podium.

Seorang ibu bernama Titi Radja yang menjawab pertanyaan tentang kepanjangan Posyandu dengan benar mendapat hadiah sepeda yang keempat.

Setelah memberikan sepeda keempat, Jokowi lalu memberikan sambutan penutup. Akan tetapi karena masih tersisa satu sepeda, Jokowi lalu memanggil seorang ibu dan tanpa pertanyaan, ibu itu langsung disuruh mengambil sepeda.

Selain mengikuti puncak peringatan Harganas, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menggelar makan malam bersama perwakilan keluarga pra sejahtera dan peninjauan kampung keluarga berencana di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Jokowi juga dijadwalkan meninjau pembangunan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, serta bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com