Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Bermuatan Kontainer Kandas di Laut Belitung

Kompas.com - 29/07/2016, 15:27 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sebuah kapal bermuatan kontainer dilaporkan kandas saat melintas di perairan laut antara Pulau Bangka dan Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kapal Nica 1 yang berangkat dari Australia ini, dinakhodai Capt Lazovic Relja, warga negara Montenegro.

“Kapal mengalami musibah kandas di kawasan karang Belvedere 55 mil dari Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang,” kata Kasubsie Keselamatan dan Patroli, KSOP Syahbandar Pangkalbalam, Harlansyah kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2016).

Nica 1 yang mengangkut 1.141.400 MT kontainer, berangkat dari Esperance Australia dengan tujuan Port Klang, Malaysia. Dugaan sementara, kapal terjebak karang karena faktor human error.

Menurut dia, Kepala Kantor KSOP Pangkalbalam Adriawan Simanungkalit telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Basarnas untuk upaya penyelamatan.  Hal ini sebagai tindak lanjut dari informasi telegram dari International Maritime Organization pada Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut yang langsung menghubungi pos penjagaan pelabuhan terdekat untuk quick response menggunakan kapal patroli KPLP KN.P 486.

“KN Alugara dari Pangkalan Penjagaan Laut  Tanjung Priok telah berada di lokasi untuk pengamanan dan pengawasan. Komunikasi dengan awak kapal menggunakan email dan telepon satelit,” jelas Harlansyah.

Hingga berita ini diturunkan, kapal belum bisa dievakuasi karena belum adanya izin bongkar muatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com