Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Keluarga Meninggal Dunia Setelah Terjebak di Dalam Mobil akibat Banjir di Carita

Kompas.com - 25/07/2016, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu keluarga meninggal dunia di dalam mobil, Senin (25/7/2016), akibat diterjang banjir lumpur di dekat Lippo Carita, Anyer, Banten, Minggu (24/7/2016).

"Ya, benar, diduga di dalam mobil itu berisi satu keluarga," kata Kepala Sub Bagian Humas Basarnas M Hernanto seperti dikutip Tribunnews, Senin.

Hernanto menjelaskan, kejadian bermula saat hujan deras mengguyur wilayah Banten dan sekitarnya. Usai hujan, banjir lumpur terjadi di Desa Sukajadi, Pandeglang, Banten.

Banjir lumpur tersebut datang tiba-tiba dengan ketinggian hampir satu meter dan menerjang mobil tersebut.

Tidak hanya menimpa mobil, banjir lumpur juga menyebabkan ratusan warga Sukajadi dievakuasi.

Secara terpisah, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa keempat korban tersebut meninggal dunia diduga karena keracunan gas monoksida (CO) akibat kendaraan tetap dihidupkan saat terjebak dalam longsor dalam waktu yang cukup lama. Korban ditemukan saat kendaraan masih dalam keadaan hidup.

Sutopo mengatakan, hujan deras disertai air laut telah menyebabkan banjir bandang melanda empat desa di Kecamatan Labuan, yaitu Desa Teluk, Cigondang, Labuan, Kalang Anyar, dan dua desa di Kecamatan Carita, yaitu Sukajadi dan Carita Kampung Cengkara pada Minggu sekitar pukul 21.00 WIB.

Hujan deras menyebabkan longsor di perbukitan yang kemudian menimbulkan banjir bandang. Pada saat bersamaan, air laut pasang sehingga banjir menggenangi permukiman setinggi 50-150 cm.

"Pada saat kejadian, beberapa mobil yang melintas di Jalan Raya Carita Labuan Km 9 Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, terjebak lumpur setinggi 50 cm," kata Sutopo melalui siaran pers, Senin.

Keempat korban adalah satu keluarga, yaitu Evi Lutfiah (41), Ahmad A Yani (52), Syarifatul Ginayah (18), dan M Fahri (6). Korban baru bisa diangkut pada Senin pagi setelah empat alat berat diturunkan untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsor dari Gunung Asepan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com