Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Setengah Jadi di Kompleks Lippo Group Terbakar di Kupang

Kompas.com - 23/07/2016, 22:16 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah gedung yang tengah dibangun di kompleks Lippo Group di Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), hangus terbakar, Sabtu (23/7/2016).

Gedung dengan delapan lantai itu bersebelahan dengan Lippo Plaza dan Hotel Naka serta Rumah Sakit Siloam.

Pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, api semakin besar dan merambat hingga lantai delapan gedung itu. Ratusan warga Kupang menyaksikan kebakaran tersebut dari jalan di dekat lokasi tersebut.

Angin kencang mempersulit petugas pemadam dalam mengatasi kebakaran itu. Polda NTT juga menurunkan mobil water canon untuk memadamkan api.

Sebagian gedung terselamatkan dari kobaran api, tetapi sebagian lainnya ludes terbakar.

Kepala Kepolisian Resor Kupang Kota AKBP Johanes Bangun mengatakan, hingga kini belum diketahui jelas penyebab utama terjadinya kebakaran tersebut.

Seluruh karyawan dan pengunjung Lippo Plaza, yang berada di dekat lokasi kebaran, dievakuasi agar tidak terjebak dalam kejadian itu.

"Kita juga langsung mensterilkan lokasi agar tidak terjadinya aksi penjarahan. Saat ini kita masih minta keterangan dari sejumlah saksi mata untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata dia.

Kantor berita Antara menyebutkan, salah seorang pekerja bangunan, Muhamad Arifin, ia dan beberapa rekan kerja langsung berlari menuruni tangga untuk menyelamatkan diri setelah melihat kebakaran.

Ia melihat api mendadak menyala membesar dari tumpukan kardus berisi fasilitas bangunan.

"Kami juga belum tau pasti penyebabnya, karena tiba-tiba api langsung membesar dari kumpulan kardus yang di dalamnya berisi kursi dan meja," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Belum ada keterangan resmi dari pemilik gedung tersebut.

Pekerja bangunan di sana menyebutkan, bangunan itu akan digunakan untuk sekolah bertaraf internasional tingkat SD, SMP, dan SMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com