Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapak dan Kedua Anaknya Ini Sama-sama Diterima Kuliah di UGM

Kompas.com - 22/07/2016, 12:30 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Mukijab tak henti-hentinya mengucap syukur karena ia dan kedua putrinya diterima kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pria yang berprofesi sebagai jurnalis itu tidak menyangka jika ia dan kedua putrinya diterima secara bersamaan tahun ini.

"Saya jujur tidak menyangka bisa tiga-tiganya masuk bersamaan kuliah di UGM," ujar Mukijab saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/7/2016).

Sudah lama Mukijab berencana meneruskan pendidikan hingga jenjang S-3 Ilmu Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di UGM. Rencana itu ia realisasikan tahun ini.

"Kalau saya punya rencana sudah lama lanjut S-3. S-2 saya kan juga UGM, dulu," kata warga Patangpuluhan, Yogyakarta, tersebut.

Kebetulan, putri keduanya, Qotru Alnaday, juga lulus dari SMA Negeri 2 Yogyakarta. Ia mendaftar kuliah S-1 di UGM.

"Yang kedua memang sudah cerita pengin daftar (ke Program Studi) Perawatan Gigi Fakultas Kedokteran Gigi UGM," kata Mukijab.

Demikian pula dengan putri sulungnya, Rizqa Salsabila Firdausia. Rizqa sudah lulus di bidang ilmu farmasi di sebuah perguruan tinggi swasta Yogyakarta dan tengah menempuh pendidikan profesi. Ia pun mendaftar S-2 di UGM, meski ia masih pikir-pikir soal biaya kuliah.

"Keluarga memang terbuka, kami saling sharing. Ternyata anak saya yang kedua cerita kalau ingin meneruskan S-2, tetapi ragu mendaftar, kepikiran soal biaya," tutur Mukijab.

Sebagai orangtua, Mukijab merasa bahwa mewujudkan cita-cita anak adalah segala-galanya. Karena itu, ia mendorong dan meyakinkan agar kedua anaknya teguh dalam meraih cita-cita dan tidak perlu ragu mendaftar.

"Daftar! Soal biaya tidak usah dipikirkan. Nanti pasti ada jalan, Gusti Allah ora sare (tidak tidur)," ujarnya.

Pada saat pengumuman penerimaan S-2 dan S-3 UGM dipublikasikan, nama Rizqa tercantum dalam daftar mahasiswa yang diterima di Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UGM.

Demikian pula Mukijab, ia diterima di program S-3 Ilmu Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM.

Kebahagian itu makin lengkap ketika tiba waktunya pengumuman mahasiswa S-1. Qotru Alnaday diterima di Program Studi Ilmu Keperawatan Gigi Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

"Kami bertiga sama-sama diterima. Ini pasti bagian dari skenario Allah SWT di bulan Ramadhan," kata dia.

Jurnalis sekaligus dosen tamu di salah satu universitas di Yogyakarta itu tidak pernah menyangka jika ia dan kedua putrinya akhirnya akan menempuh kuliah bersama di kampus yang sama.

Kini tantangan selanjutnya adalah bagaimana Mukijab berusaha keras untuk memenuhi biaya kuliahnya dan kedua putrinya. Ia bertekat untuk mencari dan mendapatkan beasiswa dari berbagai lembaga.

"Jalan satu-satunya ya berusaha mendapatkan beasiswa. Semoga saya dan kedua anak saya bisa dapat beasiswa," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com