Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Purwakarta Tagih Janji Ahok Beli Mata Air untuk Jatiluhur

Kompas.com - 21/07/2016, 12:04 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menunggu realisasi janji Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk memberikan dana hibah pembelian sumber-sumber mata air yang mengalir ke Waduk Jatiluhur.

Dedi mengatakan, Basuki pernah menjanjikan dana 240 miliar untuk membeli lahan-lahan sumber mata air itu agar lahan itu tidak dibeli oleh swasta.

Jakarta juga memerlukan air tersebut karena selama ini Waduk Jatiluhur menjadi sumber bahan baku air untuk Ibu Kota.

Dalam pertemuan dengan Dedi, November 2015, Ahok mengatakan akan membeli mata air itu dan menghibahkannya untuk Purwakarta. (Baca: Ahok Berencana Beli Mata Air yang Akan Masuk ke Jatiluhur).

"Janjinya masuk (APBD) Perubahan 2016. Kalau enggak masuk juga, saya demo, ha-ha-ha. Tapi kalau enggak, pakai anggaran sendiri juga enggak apa-apa," kata Dedi di Purwakarta, Rabu (20/7/2016) malam.

Dedi mengatakan, selama ini, warga di kawasan Waduk Jatiluhur sering kesulitan mendapatkan air pada musim kemarau karena sumber-sumber mata air itu dikuasai oleh swasta.

Karena itu, perlu upaya pemerintah agar sumber mata air itu dapat dinikmati oleh warga sekitar dan Jakarta.

Kompas TV Asyiknya Berlibur di Danau Jatiluhur
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com