Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Ratusan Penumpang Kapal Tujuan Pulau Simeuleu Telantar

Kompas.com - 20/07/2016, 13:31 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Ratusan penumpang kapal tujuan Sinabang, Kabupaten Simeuleu, terlantar di Pelabuhan penyeberangan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan sejak Senin (18/7/16) malam.

Pasalnya, jadwal keberangkatan kapal dibatalkan akibat akibat cuaca buruk yang melanda perairan Laut Aceh.

“Jadwal keberangkatan saya hari Senin pukul 22.00 WIB dari Pelabuhan Labuhan Haji, tapi karena cuaca buruk kapal menunda jadwal keberangkatan sudah 3 hari ini”, kata Bambang Hariyanto (35), salah satu penumpang yang terlantar di Pelabuhan, saat dihubungi, Rabu (20/7/16).

Menurut Bambang, selain dirinya, ada ratusan penumpang lain warga Simeulu yang terlantar di Pelabuhan penyebrangan Labuhan Haji, Aceh Selatan, sejak tiga hari lalu sehingga kini banyak penumpang yang mengeluh telah kehabisan biaya makan untuk terus bertahan di Pelabuhan dengan kondisi seadanya.

“Ada sekitar 700 orang penumpang yang terlantar, kemudian banyak perempuan dan anak-anak, karena sudah tiga hari kami terlantar di Pelabuhan sehingga sekarang rata-rata kami sudah kehabisan uang makan. Tapi saya kebetulan ada orang di Tapak Tuan jadi bisa pulang ke rumah orangtua,” ujarnya.

Masih kata Bambang, para penumpang kapal tujuan Pulau terluar Aceh itu yang kini masih bertahan di Pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan, berharap ada bantuan makanan dan obat-obat dari pemerintah setempat karena ada penumpang yang mulai terserang penyakit.

“Alhamdulillah tadi posko kesehatan sudah didirikan oleh Dinas Kesehatan, Kabupaten Aceh Selatan, kami berharap tenda dan dapur umum juga didirikan karena harga nasi sebungkus di Pelabuhan Rp 25.000, sudah tiga hari beli nasi ya sudah habis bekal sekarang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com