Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berinovasi, Lurah Luncurkan Layanan Publik Berbasis Online

Kompas.com - 20/07/2016, 11:41 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Untuk mempermudah warga mengurus segala urusan administrasi di kantor kelurahan setempat, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar meluncurkan aplikasi layanan publik berbasis online yang pertama di Sulawesi Barat, Rabu (20/7/2016).

Aplikasi yang diberi nama Sipamanda atau sistem pelayanan mandiri dan akuntabel ini diluncurkan dan diuji coba pertama kali di Kelurahan Lantora.

Dalam acara peluncuran, Lurah Lantora Iswahyuddin Muis menyampaikan kepada warga bahwa mereka tidak perlu repot lagi datang ke kantor lurah untuk melakukan pengurusan administrasi. Warga cukup mengunduh aplikasinya di Google Playstore.

Segala urusan administrasi, seperti pengurusan KTP, KK maupun pelayanan publik lainnya bisa dilakukan tanpa harus mendatangi kantor lurah setempat.

Melalui sistem ini, warga juga dapat langsung melakukan pengaduan yang menyangkut pelayanan publik.

“Mudah-mudahan aplikasi layanan publik ini bisa lebih memudahka warga yang mengurus berbagai keperluan di kelurahan,” ujar Iswahyudin.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Polewali Mandar, Amujib, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Lurah Lantora. Amujib mengatakan, sekarang teknologi sudah canggih sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor lurah untuk mengurus berbagai keperluan administrasi.

“Kami sedang lakukan tahap sosialisasi terlebih dahulu sebelum pelayanan berbasis online ini bisa dioperasikan sepenuhnya. Saat ini kita juga sedang payung hukumnya agar layanan publi ini punya payung hukum,” ujar Amujib.

Dia lalu berharap ke depannya, kelurahan dan kantor-kantor pemerintah lainnya bisa menyusul menerapkan sistem online ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com