Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Gambut di Ogan Ilir Kembali Terbakar

Kompas.com - 12/07/2016, 21:28 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kali ini lahan yang terbakar adalah yang berada di sisi jalan PT RMK Energy di Desa Sungai Rambutan, Indralaya Utara, Ogan Ilir. Luas lahan yang terbakar mencapai dua hektar.

Asap tebal berwarna putih terlihat membumbung ke udara dari lokasi kebakaran. Tempatnya cukup jauh di tengah rawa sehingga sulit dijangkau.

Boylendra, pemilik rumah yang lokasinya tidak jauh dari lahan terbakar, sempat panik karena api mendekat ke rumahnya.

Bersama ibu dan istrinya, Boylendra berusaha memadamkan api dengan cara membersihkan lahan di sekitar rumah dan menyiram api dengan air.

Api yang mengarah ke rumahnya dapat dipadamkan sehingga rumahnya yang baru dibangun tidak terbakar.

"Tadi saya lagi tebas-tebas di sekitar rumah, tahu-tahu api muncul dari arah sana," kata dia sambil menunjuk lokasi kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir Syakroni yang meninjau lokasi kebakaran lahan mengatakan, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Palembang, hari ini tidak ada hot spot atau titik panas di Ogan Ilir.

Namun, ia mengakui bahwa ada lahan yang terbakar di empat lokasi.

"Dari pantauan patroli ke lapangan, ada 4 titik kebakaran lahan, yaitu di perbatasan Gandus Palembang, di Sungai Rambutan, dan di lokasi lain," kata dia.

BPBD Ogan Ilir sudah bersiaga menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dengan membentuk tim terpadu penangggulangan kebakaran lahan yang melibatkan pemerintah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com