Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Gambut di Ogan Ilir Terbakar

Kompas.com - 11/07/2016, 21:22 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Lahan gambut di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terbakar, Senin (11/7/2016). Setidaknya empat hektar lahan gambut ludes terbakar sore tadi.

Asap tebal sisa kebakaran lahan terlihat membumbung tinggi ke angkasa. Api juga terlihat membakar semak belukar di atas lahan gambut saat cuaca terik tersebut.

Penyebab kebakaran itu belum diketahui. Warga yang tinggal di sekitar lokasi juga tidak mengetahui apa penyebab lahan itu terbakar.

Warga yang tidak ingin lahannya terbakar berusaha mencegah rembetan api dengan cara menyemprotkan air ke rumput di sekitar ke kebun milik mereka.

"Tiba-tiba api muncul dan membesar. Kalau kami tidak berani (membakar) sebab sudah diperingatkan tidak boleh membakar lahan," kata Sanusi, warga setempat.

Memasuki musim kemarau seperti saat ini, kebakaran lahan di Ogan Ilir diprediksi akan sering terjadi.

Sebelumnya, Komadan Kodim 0402 OKI-Ogan Ilir Letkol Dwi Irbaya sudah memperingatkan petani dan perusahaan perkebunan agar jangan coba-coba membuka lahan dengan cara membakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com