Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Selatan Jawa dan NTT Berpotensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Kompas.com - 10/07/2016, 12:13 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) meprakirakan wilayah Selatan Jawa dan NTT berpotensi hujan lebat dan gelombang tinggi pada 10 hingga 14 Juli 2016.

Untuk itu, para pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan.

"Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir khususnya di Selatan Jawa hingga NTT. Sehingga masyarakat agar waspada" ujar Kepala BMKG Andi Eka Sakya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (10/7/2016).

Andi menambahkan, pada periode arus balik lebaran tahun ini agar pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan.

"Diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, jalan licin dan pohon tumbang," ucapnya.

Selain itu, BMKG juga memprediksi ketinggian gelombang mencapai 2 hingga 4 meter diprediksi terjadi di perairan Selatan Jawa hingga Sumba.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat yang sedang berlibur antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.

"Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari," kata Andi.

Adapun wilayah yang diprediksi akan diguyur hujan lebat serta gelombang tinggi meliputi, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT dan Papua bagian selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com