Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Ibu Hamil Alami Pendarahan Saat Pulang Mudik

Kompas.com - 09/07/2016, 08:49 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.com - Seorang pemudik yang sedang hamil mengalami kontraksi saat perjalanan balik usai Lebaran 2016 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Yanti (27) mengalami kontraksi dan pendarahan saat berada di lesehan Kapal Motor Penumpang (KMP) Rajarakata yang bersandar di Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (9/7/2016) dini hari.

Pemudik usai merayakan Lebaran di Kampung Ciomas Padarincang, Serang, Banten, itu hendak kembali ke daerah asal di Kotagajah, Lampung Tengah.

Salah satu keluarga korban, Ngkis (45), mengatakan, awalnya biasa saja Yanti dan anggota keluarga lainnya beristirahat di lesehan kapal.

Namun tiba-tiba Yanti merasakan perutnya mulas serta mengalami pendarahan.

"Ya, awalnya tidak ada keluhan, hanya saja saat kapal mau sandar tiba-tiba Yanti mengalami kontraksi," kata salah satu kerabatnya itu pula.

Dokter jaga di Posko Kesehatan Pelabuhan Bakauheni dr Azis Hariwibowo mengatakan, Yanti mengalami pendarahan dan usia kandungannya 16-17 minggu.

"Usia kandungan di bawah 20 minggu sangat rentan terhadap gangguan kehamilan atau mengalami keguguran," katanya.

Ia menyebutkan, kemungkinan Yanti mengalami keguguran, sehingga harus dirujuk ke RS Kalianda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Informasi yang bersangkutan, dr Azis menambahkan, memang sebelum mudik sudah konsultasi ke dokter, namun yang bersangkutan tidak menerangkan hendak melakukan perjalanan mudik lebaran.

"Biasanya pada usia kehamilan seperti itu dokter akan memberikan penguat kandungan atau bahkan dilarang bepergian jauh, mengingat rentan terjadi keguguran dalam kondisi seperti itu," ujarnya.

Apalagi, ia melanjutkan, korban memiliki riwayat flek atau pendarahan ringan pada kehamilan pertamanya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com