Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pelintas Batas RI-Timor Leste Meningkat Saat Idul Fitri

Kompas.com - 08/07/2016, 05:34 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com - Jumlah pelintas batas yang masuk maupun keluar melalui pintu perbatasan Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) meningkat pesat saat hari raya Idul Fitri ini.

Libur panjang Lebaran dimanfaatkan warga di NTT untuk mengunjungi keluarganya di Timor Leste.

Kepadatan pelintas di pintu perbatasan Motaain, melonjak dari hari biasanya, baik dari Indonesia ke Timor Leste maupun sebaliknya.

Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 641 Raider Motaain, Sertu Jefry Candraputra kepada wartawan, Kamis (7/7/2016), mengatakan, warga kedua negara memanfaatkan libur panjang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, baik untuk mengunjungi keluarga maupun mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Keramaian pelintas ini, kata Jefry, tidak seperti hari-hari sebelumnya yang terlihat sepi. Jefry menyebutkan, sesuai data yang dimiliki oleh pihaknya, tercatat 261 pelintas dan 23 kendaraan bermotor masuk ke Indonesia. Jumlah diperkirakan akan terus meningkat setiap harinya.

"Untuk pelintas batas mulai dari Timor Leste ke Indonesia atau sebaliknya, setelah mau Lebaran itu, semakin meningkat. Jadi, banyak warga Indonesia yang bekerja di Timor Leste, balik mudik ke Indonesia. Jumlah yang masuk maupun keluar sama banyak,” kata Jefry.

Jefry mengatakan, kepadatan pelintas antar negara ini diperkirakan akan berlangsung hingga satu minggu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com