Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berebut Rp 50.000 dan Nasi Kotak dari Wapres Kalla, 3 Orang Pingsan

Kompas.com - 07/07/2016, 14:07 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pada hari kedua Idul Fitri 1437 Hijriah, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla kembali menggelar open house di kediaman pribadinya di Jl Haji Bau, Makassar, Kamis (7/7/2016).

Ribuan warga Makassar menyerbu kediaman Kalla karena mendapat informasi bahwa dalam acara itu, Kalla akan membagi-bagikan uang Rp 50.000 kepada setiap orang yang datang. 

Ribuan warga dari berbagai penjuru ini pun berdesak-desakan untuk mendapatkan uang dan nasi kotak.

Karena berdesakan, sebanyak tiga orang warga pingsan dan langsung dievakuasi ke mobil ambulans yang disiagakan di sekitar kediaman pribadi Kalla. Tak luput pula, anak-anak dan orangtua tergencet dalam kerumunan massa. Mereka pun segera dievakuasi oleh aparat kepolisian dan TNI yang bersiaga.

Tak hanya tergencet, banyak anak terlepas dari orangtuanya di tengah kerumunan. Petugas keamanan pun membantu mencarikan orangtua anak-anak yang hilang dengan menggunakan pengeras suara.

Warga yang mendapatkan uang dan nasi kotak diberi tinta di jari tangannya, seperti setelah mencoblos kala mengikuti pemilu.

Bagi-bagi uang dan nasi kotak ini tidak berlangsung lama. Petugas langsung memberhentikannya karena Kalla dijadwalkan menghadiri agenda lainnya selama mudik di Makassar.

Meski begitu, warga yang belum mendapat pembagian uang dan nasi kotak masih menunggu di sekitar kediaman JK. Namun, mereka ditahan di batas barikade yang disiapkan oleh petugas.

Kalla kembali menggelar open house pada tahun ini setelah insiden pada open house tahun 2014 menyebabkan tiga orang meninggal dunia dan sembilan orang luka-luka.

(Baca juga: Pesta Kuliner di Acara "Open House" Wapres Kalla)

 

Kompas TV Usai Shalat Id, Jusuf Kalla "Open House" di Istana Wapres
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com