Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Juli, Puncak Musim Kemarau di Sumatera

Kompas.com - 07/07/2016, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan bahwa bulan Juli merupakan puncak dari musim kemarau di Pulau Sumatera.

"Bulan ini merupakan puncak musim kemarau di Sumatera, setelah bulan sebelumnya merupakan awal musim sehingga titik panas dan titik api masih fluktuatif karena hujan masih membasahi bumi, meski curahnya telah berkurang," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru, Kamis (7/7/2016).

Hari ini saja, ada 49 titik panas tersebar di tujuh provinsi dari total 10 provinsi di Pulau Sumatera.

"Dari pantauan satelit baik Terra dan Aqua, hari ini terdapat 49 titik panas di Sumatera. 14 titik di antaranya, terpantau berada di Provinsi Riau," katanya.

Dia kemudian merinci, 13 titik panas di antaranya berada di Sumatera Utara, kemudian Aceh menyumbang 7 titik, Sumatera Barat terpantau 4 titik, diikuti Jambi 3 titik, wilayah Lampung 2 titik dan Bengkulu 2 titik panas.

Menurut dia, sepanjang pekan ini titik panas mulai bermunculan setiap hari, di mulai awal pekan ini seperti Senin (4/7/2016) terpantau 23 titik, 15 titik diantaranya berada di Riau.

Kemudian Selasa (5/7/2016) sebanyak 131 titik panas melanda Sumatera, 49 titik terkonsentrasi di Riau. Lalu pada Rabu (6/7/2016), terdeteksi 49 titik panas mucul di Sumatera, 21 titik di antaranya berada di provinsi ini.

Sugarin menjelaskan, 14 titik panas di Riau tersebar pada delapan kabupaten/kota seperti Pelalawan 5 titik, Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir masing-masing memberi sumbangan 2 titik serta Rokan Hilir kali ini menyumbang 1 titik panas.

Dari total jumlah titik panas di Riau itu, terdapat enam titik dipastikan sebagai titik api atau berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan hutan terutama di lahan gambut dengan memiliki tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

"Hanya enam titik yang menjadi titik api yang tersebar di Pelalawan dan Indragiri Hilir sama-sama dua titik, Kampar dan Indragiri Hulu masing-masing memberi sumbangan 1 titik api," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com