Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok BBM Habis, Mobil Tangki Terjebak Macet, Pemudik Bisa Beli BBM Kemasan

Kompas.com - 04/07/2016, 18:09 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengakui mengalami kendala pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) seiring meningkatnya jumlah pemudik di ruas jalan tol Pejagan-Brebes Timur dan sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura).

Area Manager Communication and Relations Pertamina JBT, Suryanto‎ mengatakan, kemacetan yang terpusat dari Tol Pejagan hingga jalur Kabupaten Tegal menyebabkan distribusi melalui mobil tangki menjadi terkendala.

Mengatasi hal tersebut, kata Suryanto, pasokan BBM yang berasal dari supply point Terminal BBM Tegal mulai mendapat pengawalan dari aparat kepolisian.

"Diharapkan armada mobil tangki yang berjumlah lebih dari 400-an unit, dan beberapa di antaranya mendapat pengawalan kepolisian dapat menuju lokasi yang ditentukan walaupun didera kemacetan cukup panjang," kata Suryanto, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Suryanto menuturkan, pasokan BBM juga dilaksanakan dari supply point Terminal BBM Semarang Group dengan jalur distribusi yang berlawanan dengan arus kemacetan.

Sebanyak 3 unit mobil tangki dengan total kapasitas 64 KL yang membawa BBM jenis Pertamax dan Premium telah diberangkatkan sejak kemarin.

Permina juga menyiapkan BBM dalam kemasan yang dapat dibeli di Rest Area Tol Pejagan – Brebes KM 252 A dan sebelum Rest Area Gerbang Mas Bahari Waterpark dan juga tersebar di 9 SPBU di sepanjang Jalur Utara Jawa Tengah.

"Kami sudah siapkan BBM dalam kemasan untuk melayani pemudik di 3 SPBU Brebes, kami siapkan hingga 6.000 liter lebih‎," ucap Wianda.

Pada puncak arus mudik yang terjadi mulai 2 Juli kemarin, pasokan BBM di Jawa Tengah tercatat meningkat hingga 250 persen. Hingga H-3 kemarin, rata-rata 9.225 KL Premium didistribusikan tiap harinya, diikuti dengan Pertamax sebesar 2.312 KL, Pertalite 1.017 KL dan Solar 5.008 KL.

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Senin (4/7/2016), dengan judul: Mobil Tangki Terhambat Kemacetan, Pertamina Tawarkan BBM Dalam Kemasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com