Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Tadi, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Laksanakan Shalat Id

Kompas.com - 04/07/2016, 09:51 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Ratusan anggota jemaah Naqsabandiyah memenuhi Mushala Baitul Makmur di Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 Hijriah, Senin (4/7/2016).

Mereka mulai berdatangan ke mushala sejak pukul 07.00 WIB dan mulai melaksanakan shalat tepat pukul 07.30 WIB yang dipimpin oleh imam mereka, Syafri Malin Mudo.

Syafri, yang juga Ketua Naqsabandiyah Sumatera Barat, memaparkan makna Idul Fitri bagi umat Islam saat menyampaikan tausiah dalam bahasa Arab.

Syafri mengapresiasi kedatangan jemaah dari luar Padang ke Baitul Makmur. Dia mengatakan bahwa selain di Mushala Baitul Makmur Pauh, shalat juga serentak dilaksanakan di masjid dan Mushala Baitul Makmur lainnya di Kuranji, Pauh, Koto Tangah, dan Solok.

Ujang Komar, anggota jemaah yang melaksanakan shalat Id di Baitul Makmur, mengatakan, sebagian besar jemaah yang melaksanakan shalat Id di Mushala Baitul Makmur tahun ini berasal dari Padang, sekitar Pauh, Kuranji, dan Koto Tangah.

"Sama seperti tahun sebelumnya, jemaah masih didominasi kaum dewasa dan tua saja," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Japeri Jarap meminta warga menghormati perbedaan waktu perayaan Idul Fitri.

"Ada yang ber-Lebaran Senin, Rabu, dan Kamis, semuanya umat Muslim kita perlu menghormatinya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com