Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3 Lengang, Puncak Arus Mudik di Pasuruan Diperkirakan pada 4 Juli 2016

Kompas.com - 03/07/2016, 22:12 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Hingga hari ketiga jelang Idul Fitri 1437 Hijriah, arus mudik di ruas jalur mudik pantai utara Jawa di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, masih lengang.

Data dari Dinas Perhubungan Pasuruan menunjukkan bahwa kenaikan volume kendaraan hanya enam sampai tujuh persen dibanding hari normal.

"Belum ada kepadatan, masih landai," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan Heri Yitno kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2016).

Volume kendaraan diperkirakan masih akan terus meningkat hingga puncak arus mudik di jalur yang diperkirakan terjadi pada hari kedua sebelum Lebaran atau Senin (4/7/2016) besok.

Heri optimistis bahwa tidak akan terjadi kemacetan lalu lintas mudik di Pasuruan. Kalaupun terjadi, kepadatan arus kendaraan diprediksi hanya terjadi pada ruas jalan penghubung Surabaya-Malang, yakni di Kecamatan Purwosari dan Purwodadi.

"Tapi tahun lalu tidak ada macet," kata dia.

Pada Sabtu (2/7/2016), jumlah kendaraan yang melintas di Kabupaten Pasuruan dari Surabaya ke Malang mencapai 58.310 kendaraan. Adapun kendaraan yang dari arah Malang ke Surabaya mencapai 68.988 kendaraan.

Kendaraan yang melintasi Jalur Pantura arah Probolinggo ke Surabaya sebanyak 45.870 dan dari arah Surabaya ke Probolinggo sebanyak 47.503 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com