Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penumpang Fey Terlantar di Kolaka

Kompas.com - 03/07/2016, 21:27 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Ratusan penumpang kapal fery di pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara, terlunta-lunta di areal parkiran pelabuhan sejak beberapa hari terakhir. Para penumpang itu hendak mudik lewat jalur laut menuju ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Rute kapal fery dari pelabuhan Kolaka menuju pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan menjadi salah satu rute yang ramai digunakan pemudik.

Mereka yang menunggu di pelabuhan itu mengaku tidak pernah diarahkan petugas pelabuhan mencari tempat yang layak untuk menunggu jadwal keberangkatan. Bahkan mereka tidak mengetahui kapan jadwal keberangkatan fery yang sebenarnya.

“Sejak kemarin kami berada di sini. Tidak pernah juga ada pemberitahuan untuk menunggu di tempat yang layak. Tempat di dalam terminal tunggu juga sudah penuh. Saya dengan rombongan tiba sudah lama tapi belum ada perhatian dari pengelolah pelabuhan,” kata Jaya, Minggu (03/07/2016).

Dia menambahkan, dirinya sangat menyesalkan pelayanan buruk pihak pelabuhan.

“Kami dibiarkan amburadul seperti ini. Bisa lihat sendiri Pak. Banyak anak kecil yang juga terpaksa tidur di bawah pohon atau di tempat ala kadarnya. Harus ada kejelasan toh. Ini adalah pelayanan yang paling buruk,” tambahnya.

Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan, Mursalim, tidak dapat ditemui. Namun salah satu petugas lapangan ASDP Kolaka yang namanya enggan disebutkan mengatakan, sebenarnya prediksi pemudik jalur laut tidak seperti ini.

“Tahun lalu tidak seperti ini banyaknya. Info yang saya dengar akan nada penambahan armana kapal agar semua pemudik bisa terangkut,” kata petugas itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com