Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Peringatkan Perusahaan Perkebunan Jangan Coba-coba Bakar Lahan"

Kompas.com - 02/07/2016, 23:23 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Komandan Kodim 0402 OKI-Ogan Ilir Letkol (Kav) Dwi Irbaya Sabtu (2/7/2016), memperingatkan pihak perusahaan perkebunan yang berada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir Sumatera Selatan, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan.

Peringatan Komandan Kodim Letkol Dwi Irbaya itu terkait karena saat ini wilayah Sumatera Selatan, khsusunya Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir mulai memasuki musim kemarau.

“Sesuai perintah Presiden Joko Widodo bahwa kebakaran lahan harus dicegah sejak awal di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir, kita tidak ingin kebakaran lahan seperti tahun lalu terjadi lagi, apalagi kita akan menghadapi even besar Asian Games, untuk itu saya peringatkan pihak perusahaan perkebunan jangan coba mencari-cari kesempatan,” katanya.

Dwi mengimbau perusahaan perkebunan segera membangun kanal-kanal untuk tempat penampungan air. Selain itu alat-alat pemadam kebakaran juga segera dilengkapi bagi yang belum menyediakan.

Ia menegaskan, peringatan itu tidak hanya berlaku untuk perusahaan perkebunan, masyarakat juga diminta untuk tidak membakar lahan saat membuka lahan untuk bertani.

“Risikonya bisa kena tindak, lebih baik kita mengolah lahan dengan menggunakan cara lain dan tidak dengan cara membakar,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya akan mengajak pihak Polres OKI danPolres Ogan Ilir beserta pemerintah daerah kedua kabupaten, untuk meningkatkan upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah masyarakat melakukan pembakaran lahan untuk keperluan apapun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com