Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujasera Plaza Surabaya Kebakaran, Ribuan Pengunjung Berhamburan

Kompas.com - 02/07/2016, 20:13 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kebakaran melanda Pujasera di lantai 2 Plaza Surabaya Jalan Pemuda, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/7/2016), sekitar pukul 18.00.  Hal itu membuat ribuan pengunjung berhamburan menyelamatkan diri keluar gedung.

"Api diketahui dari Depot Eva di lantai 2 milik Ibu Ninik (42)," ujar Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Chandra Oratmangun ketika ditemui di lokasi kejadian.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dan tidak lebih dari setengah jam petugas mampu memadamkan api sekaligus melakukan pembasahan.

"Syukurlah hidran di dalam plaza berfungsi baik sehingga sangat membantu proses pemadaman, meski petugas harus menjebol dinding agar bisa masuk ke pusat munculnya api," ucapnya.

Diduga api berasal dari kompor elpiji di Depot Eva, namun pihaknya belum bisa memastikan penyebabnya karena harus dilakukan pemeriksaan oleh tim identifikasi dari aparat kepolisian.

Akibat kejadian tersebut, dua stan di pujasera setempat terbakar, satu stan milik Depot Eva seluas 4x5 meter ludes, sedangkan satu stan lainnya terdampak hingga menyebabkan plafon mengalami kerusakan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun pemilik depot, Ninik, sempat mendapat perawatan karena terluka akibat pecahan kaca.

Sementara itu, ribuan pengunjung yang berada di dalam plaza berlokasi di pusat Kota Surabaya tersebut berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Salah seorang sales, Yuyun, mengaku kaget melihat kepulan asap dan pengunjung berlarian sambil berteriak-teriak ada kebakaran.

"Saya tidak kaget lagi mas, takutnya luar biasa. Orang-orang lari, saya ikut lari keluar karena takut terjadi apa-apa, sampai lupa makan buka puasa," katanya.

Pantauan di lokasi, seluruh stan yang berada mulai lantai 1-5 tutup dan penjaga maupun pemiliknya berada di luar plaza sampai petugas memperbolehkan masuk kembali.

Sejumlah pengunjung yang kebetulan tengah berbelanja keperluan Lebaran memilih pulang dan mencari plaza lainnya.

"Saya kaget lihat orang-orang keluar, katanya ada kebakaran. Saya dan keluarga langsung keluar dan memilih pulang saja, atau nanti ini kalau sempat mampir di plaza lain beli baju Lebaran untuk anak-anak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com