Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Ada Kontes Bandeng di Gresik

Kompas.com - 02/07/2016, 15:56 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Salah satu tradisi masyarakat Gresik, Jawa Timur, menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri adalah, pasar bandeng. Sebuah kontes yang memamerkan ikan bandeng, dengan menilik dari ukuran tubuhnya.

Khusus untuk pasar bandeng edisi tahun ini, yang bakal dihelat Sabtu malam (2/7/2016), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik sudah mempersiapkan hadiah utama senilai Rp 20 juta, bagi sang juara.

“Sesuai dengan hasil rapat koordinasi bersama seluruh SKPD (Satuan Perangkat Kerja Daerah) dan Camat se-Gresik yang dilaksanakan pertengahan bulan kemarin, maka kami sepakati bila pemenang dari pasar bandeng nanti malam berhak mendapat uang tunai senilai Rp 20 juta,” ucap Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkab Gresik, Malahatul Fardah, Sabtu (2/7/2016).

Fardah mengatakan, pihaknya sudah menetapkan beberapa syarat mutlak kepada para peserta yang hendak mengikuti pasar bandeng tersebut. Aturan main ini ditetapkan, guna menertibkan peserta.

“Pertama, peserta lelang adalah petambak asli Gresik, yang harus dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, peserta juga harus menyertakan surat keterangan dari Kepala Desa/Camat setempat, bahwa peserta adalah pemilik atau penyewa lahan tambak yang lokasinya di wilayah Kabupaten Gresik,” jelasnya.

Sementara untuk syarat kedua, ikan bandeng yang diperbolehkan mengikuti kontes kali ini adalah, minimal yang memiliki berat 5 kilogram dan yang dipelihara di wilayah Kabupaten Gresik, seperti yang tertuang pada peraturan pertama.

“Tidak hanya pemenang pertama saja yang akan mendapatkan hadiah. Namun, kami juga akan memberikan hadiah kepada juara kedua uang tunai sebesar Rp 6 juta, dan juara ketiga senilai Rp 5 juta. Dengan harapan, animo masyarakat dapat meningkat dari pasar bandeng edisi sebelumnya,” beber Fardah.

Berbeda dengan pelaksanaan pada tahun sebelumnya yang sering dilaksanakan di sekitaran Pasar Kota Gresik. Untuk pasar bandeng pada tahun ini, pelaksanaannya bakal diadakan di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto, dengan menghadap ke arah timur atau arah Jalan Basuki Rahmad.

“Selain pasar bandeng,  kami juga akan mengadakan kontes otak-otak bandeng. Namun untuk kontes ini, hanya diperuntukkan untuk jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Gresik serta BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) saja, dengan hadiah yang tidak kalah menarik,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com