Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Puasa Bersama Pertemukan Ratusan Anak Berbeda Agama di Poso

Kompas.com - 30/06/2016, 22:51 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com – Sebanyak 400 orang anak yatim piatu lintas agama di Kabupaten Poso, Selawesi Tengah, dipertemukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Poso dalam acara buka puasa bersama.

Acara yang dihadiri anak yatim dari kalangan muslim dan nasrani ini adalah pertama kalinya digelar pasca-konflik SARA yang terjadi pada tahun 2000 silam di Kabupaten Poso.

Bertempat di aula Pogombo Rumah Jabatan Bupati Poso pada Kamis (30/6/2016), ratusan anak yatim yang datang dari berbagai rumah panti asuhan tampak gembira menikmati acara buka puasa bersama.

Mereka berbaur menikmati hidangan menu buka puasa bersama yang telah disiapkan pemerintah Poso.

Bupati Poso Darmin Sigilipu yang hadir dalam acara buka puasa bersama mengungkapkan rasa bangga yang tidak terhingga atas kedatangan ratusan anak yatim lintas agama untuk duduk bersama.

Menurut dia, upaya mempertemukan para anak yatim dari dua komunitas agama berbeda sengaja dilakukan untuk membangun kebersamaan kendati berbeda keyakinan.

"Dengan buka puasa bersama ini, mari kita jalin kebersamaan. Hilangkan perasaan yang negatif. Kita semua bersaudara, dan hari ini kita bisa buktikan. Mari kita pertahankan suasana yang damai ini," harap bupati.

Dia menambahkan, berawal dari gelar buka puasa bersama ini, pihaknya akan menggelar acara malam takbiran secara bersama-sama di tiga titik yang berbeda di Poso Kota, Tentena dan Pendolo.

Khusus untuk kegiatan malam takbiran di Kecamatan Pamona, Tentena, ini adalah yang pertama kalinya digelar sejak tahun 2000 silam, mengingat wilayah tersebut mayoritas berpenduduk nasrani.

"Ini adalah upaya kita untuk menjaga keakraban antar-sesama pemeluk. Kalau dulu kita bisa meramaikan acara Natal dan tahun baru bersama-sama, kenapa tidak malam takbiran juga kita buat secara bersama-sama," kata Darmin.

Selain Bupati Darmin dan sejumlah anggota Muspida Kabupaten Poso, kegiatan buka puasa bersama tersebut juga dihadiri oleh para tokoh lintas agama, pemilik panti asuhan serta perwakilan pondok pesantren se-Kabupaten Poso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com