Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Gembira Para Tukang Becak di Gresik...

Kompas.com - 29/06/2016, 06:07 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Raut wajah gembira terpancar dari para tukang becak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mereka mendapat santunan dari PT Petrokimia Gresik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Olahraga Tri Dharma, Gresik, Selasa (28/6/2016) ini, sebanyak 1.300 tukang becak yang biasa mangkal di wilayah Gresik mendapat bantuan dari PT PG.

Santunan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp 100.000, paket konsumsi untuk buka puasa, dan selembar sarung kepada setiap tukang becak yang hadir.

"Saya cukup senang karena ini cukup membantu kami menjelang hari raya, meski bagi sebagian orang mungkin nilainya tidak seberapa," ucap salah satu tukang becak, Ahmad Basir (36), Selasa (28/6/2016).

Basir biasa mangkal di Jalan Akim Kayat, Gresik. Ia sudah 10 tahun menjadi tukang becak setelah usaha pembuatan tas yang digelutinya gulung tikar.

Ia sebetulnya ingin bisa mendapat pekerjaan lebih baik dengan gaji yang bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

"Saya sudah usaha ke sana kemari dan mungkin inilah jalan nasib saya yang telah digariskan," lanjutnya.

Kegembiraan serupa terpancar dari wajah Tamam (50), salah satu tukang becak. Ia senang dan merasa terbantu dengan santunan yang diberikan oleh PT PG kali ini.

"Semoga saja, acara seperti ini akan dapat terus diadakan setiap tahun oleh Petrokimia dengan jumlah bantuan yang juga meningkat," tutur tukang becak yang biasa mangkal di Kelurahan Lumpur, Gresik.

Menurut Sekretaris Perusahaan PG Wahyudi, bantuan kepada para tukang becak ini sudah menjadi agenda rutin perusahaannya dalam rangkaian acara di bulan Ramadhan.

PT PG juga telah menyantuni anak yatim piatu, panti asuhan, kaum dhuafa, pondok pesantren, serta masjid dan mushala.

"Mudah-mudahan, bantuan ini dapat meringankan beban abang tukang becak dan keluarganya dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah," kata Wahyudi.

PT PG mengklaim, total bantuan yang disalurkan kepada tukang becak dalam agenda kali ini mencapai Rp 227,5 juta, yang berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PG.

Angka bantuan kali ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni Rp 173 juta dengan tukang becak yang disantuni sebanyak 1.113 orang.

Selama Ramadhan tahun ini, PG juga telah memberikan bantuan senilai Rp 445 juta untuk masjid dan mushala, Rp 100 juta untuk pondok pesantren dan panti asuhan, santunan anak yatim dan piatu Rp 360 juta, serta pasar murah Rp 1,1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com