Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita ABK TB Charles yang Selamat dari Sandera Kelompok Abu Sayyaf

Kompas.com - 28/06/2016, 18:08 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Rudi Kurniawan, salah satu ABK TB Charles yang lolos dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf masih memikirkan kondisi Masinis III, Nasir. Rudi yang masih berusia muda, sempat menawarkan diri untuk disandera menggantikan Nasir yang sudah berusia 57 tahun.

Melalui sambungan telpon, Rudi menceritakan nasib Nasir yang rela dibawa para perompak.

"Pak Nasir sudah tua, ketika hendak dibawa beliau masih sempat minta waktu untuk shalat," kata Rudi, Selasa (28/6/2016).

Menurut dia, ketika di atas kapal, para perompak terus mencari kepala jabatan tertinggi di kapal tersebut. Ketika ditanya jabatan masing-masing, Nasir dengan jujur mengatakan dirinya adalah seorang masinis.

Ketika melihat Nasir akan dibawa, Rudi kemudian menawarkan dirinya ditukar dengan Nasir. Namun para perompak tidak mempedulikan permintaan Rudi dan membawa Nasir yang sudah sepuh.

"Saya menawarkan diri untuk ditukar dengan Pak Nasir, tapi mereka menolak. Sedangkan Pak Nasir sendiri ikhlas ketika dibawa turun ke daratan," ungkapnya.

Rudi berharap keadaan Pak Nasir akan baik-baik saja sembari menunggu upaya pembebasan dari Pemerintah indonesia. "Mudah-mudahan semua ABK pulang dengan selamat," ucapnya.

Kompas TV Kenapa Penyanderaan WNI Kembali Terjadi?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com