Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Basarnas Juga Siaga di Jalur Mudik

Kompas.com - 28/06/2016, 09:25 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Basarnas Kantor SAR Semarang menyiagakan 127 personel dalam penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran 2016. Mereka akan disebar di sejumlah titik untuk membantu kelancaran masyarakat dalam melakukan tradisi pulang kampung yang tiap tahun selalu mewarnai perayaan lebaran.

Kepala Basarnas kantor SAR Semarang, Agus Haryono mengatakan, Jawa tengah merupakan daerah yang paling padat dilalui para pemudik. Jalur utara maupun selatan Jateng bakal dilewati ribuan kendaraan pemudik yang akan pulang ke kampung halaman mereka baik yang di jawa tengah sendiri maupun Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Kami akan menggelar posko mobile yang mana Basarnas akan menempatkan personelnya di titik-titik rawan kepadatan lalu lintas para pemudik," kata Agus, Selasa (28/6/2016).

Posko mobile, lanjutnya, merupakan sistem perbantuan berupa personil dengan menggunakan kendaraan operasional melakukan patroli di sepanjang jalur mudik. Keberadaan posko mobile ini sewaktu-waktu bisa digerakkan, untuk membantu apabila terjadi kecelakaan yang memerlukan operasi SAR.

"Kendaraan yang disiapkan dilengkapi peralatan evakuasi dan medis," ucapnya.

Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada pemudik, personel tim SAR akan berada di titik-titik yang sudah dipetakan, seperti Pantura Brebes, jalur selatan Banyumas, jalur pantura Kudus dan sekitarnya serta jalur tengah, yakni Surakarta arah Jawa Timur.

"Selain itu, personel kami juga siaga 24 jam baik yang ada di Kantor SAR, Pos SAR maupun di KN (Kapal Negara) SAR Sadewa 231," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com