Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Gabungan TNI Sergap Imigran Gelap yang Akan Menyeberang ke Australia

Kompas.com - 28/06/2016, 05:42 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tim gabungan TNI mengamankan empat imigran asal Bangladesh Australia di Pantai Palampang, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (27/6/2016) sekitar pukul 22.00 WIB. Keempat imigran itu diduga diselundupkan ke Australia.

Aparat keamanan juga mengamankan dua WNI yang diduga sebagai penghubung. Ada dua orang lain yang sedang dalam pencarian karena melarikan diri saat akan diamankan.

Mereka diamankan dari Vila Ratu dalam sebuah penggerebegan yang dilakukan petugas gabungan dari Kodam III/Siliwangi, Korem 061/Suryakancana dan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, diamankan juga di antaranya uang sebanyak Rp 40 juta, empat buah tas berisi pakaian, dan limah buah telepon seluler.

"Penggerebekan ini kami intai sejak tadi siang. Setelah informasi dan hasil pantauan A1 (pasti), barulah kami melakukan penyergapan," kata Komandan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Kav Guruh Prabowo kepada wartawan, Senin malam.

Menurut Guruh, mereka datang dari Jakarta dan menyewa vila sambil menunggu kedatangan perahu nelayan.

"Diduga mereka akan menyeberang ke Pulau Christmas, Australia, dengan menggunakan perahu nelayan yang dibeli dari masyarakat," ujar dia.

Perkara ini langsung diserahkan ke Polres Sukabumi di Pelabuhanratu. TNI hanya mengamankan dan mendata atau mengidentifikasi para imigran dan dua WNI sebagai penghubung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com