Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Rampung, "Rest Area" Tol Km 22 Semarang-Bawen Tetap Dioperasikan

Kompas.com - 27/06/2016, 17:49 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Dua hari menjelang penyelenggaraan arus mudik-balik Lebaran 2016, pekerjaan fisik rest area tol km 22 Semarang-Bawen masih terus dikebut.

Rencananya, PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku operator jalan tol Semarang-Solo akan memfungsikan sementara tempat peristirahatan (rest area) selama arus mudik-balik Lebaran 2016.

Staf Ahli Bagian Teknik PT TMJ, Dedy Mulyadi mengatakan, progress fisik pekerjaan rest area yang berada diwilayah administratif Lingkungan Ngemplak, Kelurahan Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang tersebut baru mencapai 80 persen.

"Saat ini, pembangunan rest area tersebut mencapai sekitar 80 persen, kami akan tetap memfungsikan sementara mulai H-7 hingga H+7 Lebaran." kata Dedy, Senin (27/6/2016) siang.

Dedy menjelaskan, rest area tol km 22 ini dirancang dengan fasilitas 24 toilet, 24 urinoir, masjid, foodcourt, restoran, play ground, dan lahan parkir yang representatif untuk melayani pemudik yang kelelahan saat melintasi tol tersebut.

Kendati pada saat dioperasikan sementara nanti belum sepenuhnya tenant atau gerai komersil eroperasi, namun fasilitas dasar seperti mushala, toilet dan urinoir dipastikan sudah berfungsi dengan baik.

"Beberapa gerai komersial yang mulai beroperasi, seperti minimarket Indomaret dan Rumah Makan Bangkong," ungkapnya.

Khusus ada pengoperasian sementara pada arus mudik-balik nanti, lanjutnya, beberapa instansi dan sejumlah perusahaan juga membuka tenda pelayanan untuk pemudik, seperti layanan makanan dan minuman gratis, layanan pijat, serta posko kesehatan.

"(Namun) setelah 13 Juli sebagian lahan rest area akan kita tutup kembali untuk melanjutkan pembangunan. Kita targetkan secara keseluruhan rest area ini akan selesai pada September 2016," ucapnya.

Kendati kondisi rest area tersebut belum selesai sepenuhnya, Dedy berharap para pemudik yang kelelahan dalam menempuh perjalanan dapat terlayani secara maksimal di area terseut.

"Khusus gerai komersil masih tetap buka pasca lebaran," imbuhnya.

PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebelumnya memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2016 akan terjadi pada H-3 atau 4 Juli 2016. Pada puncaknya, ruas tol Semarang-Bawen diperkirakan akan dilintasi 97.595 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com