Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Ada Tim Anti-jambret Wisatawan di Borobudur

Kompas.com - 27/06/2016, 11:47 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Selama libur Lebaran 2016, Candi Borobudur akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian setempat karena diprediksi, objek wisata yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, itu akan dipadati wisatawan.

Kepala Polsek Borobudur AKP Amin Supangat mengatakan, selama liburan Lebaran 2016 ini, pihaknya telah menyiapkan tim khusus yang akan disiagakan untuk mengantisipasi aksi pencopetan maupun penjambretan spesialis wisatawan.

Amin mengatakan, belum lama ini pihaknya telah membekuk pelaku aksi penjambretan dengan korban wisatawan Candi Borobudur.

"Kami terjunkan anggota di setiap pintu masuk TWCB dan beberapa titik, untuk mengantisipasi aksi copet maupun jambret spesialis wisatawan," katanya, Senin (27/6/2016).

Tidak hanya itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi pedagang asongan "bandel" yang kemungkinan akan menerobos zona I objek wisata dunia ini. Hal ini demi memberi keamanan dan kenyamanan wisatawan. Beberapa titik rawan kemacetan juga akan dijaga oleh sejumlah petugas diantaranya, di Desa Kujon dan Karangrejo, Borobudur.

"Kami telah siapkan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan di titik-titik tersebut," ujar Amin.

Semetatra itu, Kepala Polres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, candi Buddha terbesar di dunia itu akan dijaga setidak 90 anggota polisi ditambah petugas keamanan internal Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

Pihaknya pun mendirikan pos pengamanan khusus di depan pintu masuk TWCB.

"Setiap tahun memang kami dirikan pos pengamanan di Candi Borobudur untuk ikut menjaga kemananan, mengantisipasi hal-hal yang mengganggu kenyamanan wisatawan maupun warga sekitarnya," kata Zain.

Selain Candi Borobudur, pihaknya juga menambah petugas untuk berjaga di beberapa objek wisata lain di Kabupaten Magelang, terutama objek wisata air.

Zain mengimbau kepada pengelola objek wisata untuk menyediakan perlengkapan pengamanan bagi wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com