Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf Digratiskan

Kompas.com - 27/06/2016, 08:44 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Jawa Barat menggratiskan pengurusan tanah wakaf selama bulan Ramadhan. Sebanyak 137 bidang tanah wakaf telah dibuatkan sertifikatnya dan dibagikan secara serempak.

“Kanwil (Jabar) mempercepat dan me-nol-rupiahkan dalam pengurusan (sertifikat) tanah wakah. Sebanyak 137 sertifikat dikerjakan selama beberapa minggu Ramadhan,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan seusai penyerahan 137 sertifikat tanah wakaf di Bandung, Minggu (26/6/2016) malam.

Luas 137 tanah tersebut bermacam-macam, dari 200 meter hingga 7.000 meter. Karena tanah wakaf, 137 bidang tanah tersebut difungsikan kegiatan sosial seperti sekolah dan rumah ibadah.

“Tanah wakaf ini menjadi tanggung jawab sosial Kementerian. Bagaimana negara menghadirkan ketentraman pengurusan tanah wakaf yang digunakan untuk tempat sosial,” imbuhnya.

Ferry menjelaskan, ke depan pihaknya akan terus memberikan kemudahan dalam pengurusan sertifikat tanah, terutama tanah wakaf. Tidak boleh ada hambatan sedikit pun.

“(Kalau ada) masjid kecil di satu desa, akan diberikan itu (sertifikat gratis). Pada dasarnya kami tidak mau jadi penghambat,” ungkapnya.

Jika ada pegawai BPN yang menghambat, Ferry meminta warga untuk melaporkannya. Pihaknya akan menindak pegawai ang mempersulit pengurusan pertanahan di BPN.

“Belum dapat hidayah berarti orang itu. saya akan infus agar dimudahkan dapat hidayah. Sudah dapat gaji, tunjangan kerja, masa malas,” tuturnya.

Selain itu, kantor BPN di Bandung Raya kini sudah terintegrasi. Jadi masyarakat yang tinggal di daerah Dago, Cimenyan, tidak perlu ke Jalan Soekarno Hatta untuk menguruskan tanahnya. Mereka bisa datang ke kantor BPN terdekat.

Bahkan pihaknya mengeluarkan inovasi berupa home delivery service, yakni masyarakat yang mengalami keterbatasan fisik tidak perlu bingung dalam pengurusan tanah. Karena pihaknya akan menjemput pengambilan berkas dan mengembalikannya kembali.

“Memangnya delivery makanan saja yang bisa, BPN juga bisa,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com