Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suyono Akhirnya Bisa Temui Adiknya yang Dibebaskan Pembajak

Kompas.com - 26/06/2016, 09:19 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Setelah menunggu selama delapan jam, Suyono akhirnya bertemu Albertus Temu Selamat di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan TImur, Sabtu (25/6/2016).

Albertus merupakan satu dari enam anak buah kapal (ABK) Tug Boat Charles yang selamat dari pembajakan dua kelompok bersenjata di perairan Filipina saat hendak pulang ke Indonesia.

Saat itu total ABK TB Charles berjumlah 13 orang. Kelompok pembajak pertama menyandera tiga orang dan kelompok kedua menyandera empat orang. Adapun enam orang sisanya, termasuk Albertus, dibiarkan melanjutkan perjalanan.

Keenam ABK TB Charles tiba di Pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan dikawal dua kapal perang TNI AL, Sabtu (25/6/2016) sekitar 08.58 Wita. Kapal TB Charles merapat di sebelah KRI Untung Suropati.

Sekitar 30 menit berada di kapal, akhirnya enam ABK turun menuju Pelabuhan Semayang. Setelah itu, mereka menjalani pemeriksaan di Lanal Balikpapan.

Tepat pukul 20.00 Wita, Suyono diperkenankan menemui Albertus di Lanal Balikpapan.

"Menunggu dari jam 12.00 sampai jam 20.00. Akhirnya sekitar jam delapan saya bisa ketemu dengan Albar dan berbincang-bincang menunggunya di Lanal. Alhamdulilah bisa ketemu dan melihat langsung keadaannya dalam keadaan sehat," kata Suyono (36) kepada Tribun Kaltim.

Tak banyak yang ditanyakan Suyono kepada adiknya. Ia juga tidak terlalu banyak menanyakan hal-hal terkait proses penyelamatan karena fokus pada kesehatan sang adik terlebih dahulu.

ABK TB Charles yang tiba di Balikpapan adalah Albertus Temu Slamet (juru mudi), Andi Wahyu (Mualim II), Syahril (Masinis IV), Redgar Frederick Lahiwu (juru mudi), Rudi Kurniawan (juru mudi) dan Agung E Saputra (juru masak).

Adapun tujuh ABK yang disandera adalah Ferri Arifin (Kapten), M Mahbrur Dahri (KKM), Edi Suryono (Masinis II), Ismail (Mualim I), M Natsir (Masinis III), M Sofyan (Olman), dan Robin Piter (juru mudi). (Muhammad Alidona/Tribun Kaltim)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com