Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PAN: "Smart Kampung" Banyuwangi Akan Diterapkan di 57 Kabupaten/Kota

Kompas.com - 25/06/2016, 11:46 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan, konsep Smart kampung di Banyuwangi akan di adopsi di kabupaten/kota di wilayah Indonesia.

"Konsep Smart kampung yang dibuat oleh Banyuwangi akan diterapkan di 57 kabupaten/kota yang harus memiliki standart nasional pelayanan publik," ujar Yuddy saat berkunjung di smart kampung Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah Banyuwangi Jumat (24/6/2016).

Selama ini, menurut dia, pelayanan publik di desa sering terhambat jarak dari desa ke kota sangat jauh. Banyak masyarakat desa membutuhkan waktu berjam-jam ke kota hanya untuk mengurus administrasi.

"Dengan adanya Smart Kampung yang memiliki fiber optik untuk internet di tiap desa, bisa memotong waktu yang lama itu. Pendata KTP nya bisa langsung terkoneksi. Pelayanan publik bisa lebih cepat. Belum terpikirkan membangun desa cerdas, seperti yang ada di Banyuwangi," sebutnya.

Ia berharap di kota / kabupaten lain akan memiliki smart kampung minimal satu kecamatan memiliki satu smart kampung sebagai percontohan yang bisa menjadi contoh dan motivasi desa lain untuk membuat hal yang serupa.

"Apalagi mulai tahun ini dari dana desa, rata-rata tiap desa menerima Rp 1,2 miliar. Program ini harus bisa dicontoh,” ujar dia.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebutkan, saat ini di Banyuwangi ada 41 desa/kelurahan yang menjadi pilot project ”Smart Kampung” dan saat ini sedang disiapkan untuk 176 desa lainnya.

“Untuk smart kampung desa diwajibkan mengalokasikan belanja bandwidth di APBDes-nya sehingga layanan wi-fi gratis di desa bisa 24 jam nonstop dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com