Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituding Gagal Kelola Limbah Industri, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Kompas.com - 22/06/2016, 19:51 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menginstruksikan kepada Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kota Bandung untuk melakukan audit terhadap pabrik-pabrik penghasil limbah.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk respons atas kritikan Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Anang Sudarna yang menilai Kota Bandung gagal dalam pengelolaan limbah industri.

"Saya sudah perintahkan BPLHD untuk memeriksa," kata Ridwan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Rabu (22/6/2016).

Baca juga: Kota Bandung Dinilai Paling Buruk Tangani Limbah Industri

Emil, sapaan akrabnya, menjelaskan, banyak pabrik di Kota Bandung yang mendapat rapor merah bukan semata karena pelanggaran fisik, tetapi juga ada beberapa persoalan menyangkut administrasi.

Meski tak menyangkal masih ada masalah dalam penglolahan limbah industri, ia menyayangkan sikap BPLHD Jawa Barat yang mengkritik, namun tak memberi apresiasi saat Kota Bandung mendapat capaian positif.

"Jangan ada masalah dikritik, pas kita berprestasi pura-pura tidak tahu. Kita dapat Adipura, kita langit biru juara satu nasional dan lain-lain. Jadi fair," jelas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com