Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik, Polres Semarang Siapkan 1.500 "Bamboo Cone"

Kompas.com - 21/06/2016, 09:40 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sedikitnya 1.500 pembatas jalan dari bambu atau bamboo cone disiapkan oleh Sat Lantas Polres Semarang. Hal ini dalam rangka menyambut penyelenggaraan arus mudik lebaran 2016 yang tinggal beberapa hari ke depan.

Bamboo cone akan digunakan untuk memperlancar arus kendaraan yang melintasi jalan raya Semarang-Solo dan Semarang-Yogyakarta di wilayah hukum Polres Semarang.

Selain ribuan bamboo cone, Satlantas Polres Semarang juga memasang 23 kamera pengawas (CCTV) di sejumlah titik rawan macet.

"Sarana tersebut akan kita tempatkan di jalan nasional mulai dari Batas Kota Ungaran,Taman Serasi, hingga perbatasan Kabupaten Semarang dengan Boyolali dan perbatasan Kabupaten Temanggung," ungkap Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Dwi Nugroho, Senin (21/6/2016) malam.

Lokasi penempatan bamboo cone, jelasnya, akan difokuskan di tempat peristirahatan sementara, seperti di rumah makan, tempat ibadah, dan SPBU.

Dengan adanya sarana tambahan tersebut, diharapkan arus kendaraan pemudik akan menjadi prioritas serta meminimalisir adanya simpang dan lintasan sebidang di jalan utama.

"Kami minta jangan saling mendahului, patuhi rambu dan instruksi petugas di lapangan," tandasnya.

Sementara KBO Sat Lantas Polres Semarang, Iptu Mujiyono menambahkan, guna mendukung pengawasan dan pengamanan di jalan, pihaknya hingga saat ini masih memasang dan memperbaiki jaringan CCTV.

Hasil pemantauan CCTV dapat diamati dari Mako Sat Lantas Polres Semarang dan Kantor Dishubkominfo Kabupaten Semarang. Pengamatan CCTV akan lebih memudahkan petugas mengambil keputusan saat kondisi jalan membutuhkan penanganan.

"Diharapkan kamera sudah bisa berfungsi maksimal sebelum arus mudik Idul Fitri 2016. Kami juga sudah siapkan traffic cone dan barrier," jelas Iptu Mujiyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com