Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kebakaran dan Longsor di Takengon Terima Bantuan

Kompas.com - 20/06/2016, 11:00 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menyalurkan bantuan dari Pemerintah Aceh kepada korban kebakaran di Kampung Wih Bakong, Kecamatan Silih Nara, dan tanah longsor di Kampung persiapan Hakim, Kecamatan Lut Tawar.

"Kebetulan waktu mendengar informasi adanya kebakaran dan tanah longsor, kami sedang bertemu dengan Pak Gubernur," ujar Nasaruddin, Minggu (19/6/2016), saat meninjau lokasi bencana.

Menurut dia, ketika melihat gambar bencana kebakaran dan tanah longsor yang terjadi di Aceh Tengah, Gubernur merasa prihatin dan spontan menyatakan membantu korban.

"Pak Gubernur tidak bisa langsung menyerahkan bantuan, karena padatnya agenda di Banda Aceh," ujarnya.

Bantuan gubernur berupa sandang dan pangan selama kebutuhan darurat, termasuk juga sejumlah dana santunan untuk korban rumah terbakar dan tanah longsor. Nasaruddin turut mengajak masyarakat untuk membantu korban yang tertimpa musibah, terlebih di bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri yang sangat membutuhkan bantuan.

Kebakaran di Kampung Wih Bakong, seperti dilaporkan oleh Camat Silih Nara, Masrizal Edy terjadi sekira pukul 14.00 usai waktu shalat Jumat (17/6/2016) menyebabkan 7 rumah rusak berat dan 6 rumah terkena imbas.

Menurut dia, api menjalar sangat cepat walaupun satuan pemadam kebakaran meluncur tidak terlalu lama dan bantuan darurat juga sudah disampaikan kepada korban di malam harinya.

"Anggota keluarga korban yang mengungsi berjumlah 20 orang untuk sementara menginap di rumah tetangga dan rumah saudara," kata dia.

Tujuh keluarga yang rumahnya rusak berat di antaranya Nurdinah, Ramli, Syadikin, Ismail, Iwan taufika, Saamat dan Azhar Putra. Sedangkan rusak sedang rumah keluarga Azhar, dan terkena imbas diantaranya keluarga Ibnu Yamin, Iskandar, Mustapa, Zamzami, dan Ilwin.

Sementara itu, Camat Lut Tawar, Sarwa Jalami, mengatakan, musibah tanah longsor di wilayahnya terjadi, Jumat (17/6/2016), sekitar pukul 06.00.

"Ada tiga rumah terkena dampak langsung runtuhan tanah, tidak ada korban jiwa dan untuk sementara keluarga korban mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga," ujar Sarwa.

Tiga keluarga yang rumahnya terkena longsor di antaranya Argunara, Hamka dan Uswah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com