Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDB "Online" Semarang, Dua Sekolah Alami Gangguan Sistem

Kompas.com - 13/06/2016, 20:20 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Pelaksanaan hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang sempat terkendala sistem.

Humas SMK N 1 Bawen, Azizah mengatakan, gangguan sistem PPDB online terjadi sejak pukul 07.30 dan baru dinyatakan normal empat jam kemudian.

"Sedari pagi sekira pukul 07.30, kami ada gangguan sistem pada PPDB online. Pukul 11.00 sudah normal," ungkap Azizah, Senin (13/6/2016).

Lantaran sistem offline, maka pihak sekolah tetap membuka pendaftaran secara reguler.

Kendala lainnya adalah kelengkapan berkas calon peserta didik baru. Menurut dia, kebanyakan calon pendaftar masih mengurus berkas Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) di sekolah masing-masing.

"Pengumuman kelulusan untuk siswa SMP sederajat baru hari Sabtu (11/6/2016) lalu ya, mungkin masih ada yang mengurus SKHUN sekarang," ucapnya.

Setelah dilakukan pengecekan, lanjutnya, ternyata terjadi kesalahan dalam verifikasi data. "Jadi, dalam sistem kami, data kami masukan semua, baru nanti terakhir kami verifikasi," paparnya.

Azizah menambahkan, sistem PPDB online kembali normal sekitar pukul 11.00 WIB setelah tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang datang membenahi.

"Tim dari dinas datang karena hanya kami yang belum verifikasi. Ternyata memang oleh panitia di model begitu," terang Azizah.

Sementara itu Wakil Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Semarang, Adi Prasetyo mengatakan selain di SMK Negeri 1 Bawen, kendala sistem juga di laporkan terjadi di SMA Negeri 1 Ambarawa.

"Yang Ambarawa juga sudah kami tangani tadi. Sudah bisa," ujarnya.

Di Kabupaten Semarang, sebanyak 40 sekolah negeri menjadi percontohan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online tahun pelajaran 2016/2017. PPDB online ini baru pertama kali diterapkan di Kabupaten Semarang.

Sekolah negeri yang menjadi percontohan PPBD online, meliputi 8 SD, 19 SMP, 6 SMK dan 7 SMA.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih menambahkan pendaftaran PPDB online untuk SD dan SMP dimulai 27-30 Juni 2016, sedangkan SMA dan SMK mulai 13-16 Juni. "Seluruh siswa mulai masuk sekolah 18 Juli,’’ ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com