Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Rastra, Mensos Sebut Kualitasnya di Atas Beras Medium

Kompas.com - 12/06/2016, 13:59 WIB
Reza Pahlevi

Penulis


KUBU RAYA, KOMPAS.com
- Dalam kunjungan di Kalimantan Barat, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri menyambangi gudang Bulog di Kubu Raya, untuk memastikan kualitas beras untuk keluarga sejahtera (Rastra).

"Setelah saya melihat langsung, kualitas beras ini di atas medium," ujar Khofifah sembari memperlihatkan beras yang secara acak dia ambil kepada wartawan, Sabtu (11/6/2016).

Rastra sebelumnya dikenal dengan istilah beras untuk keluarga miskin (Raskin). Khofifah mengaku melakukan inspeksi mendadak (sidak) ini karena masih mendengar ada keluhan soal kualitas Rastra.

Tak cukup memeriksa kualitas beras, Khofifah juga meminta petugas Bulog menimbang beras-beras yang sudah dikemas untuk diserahkan kepada para penerima Rastra.

"Jumlah berat beras ini setelah ditimbang sama dengan jumlah yang tertera pada kantong beras, yaitu 15 kg," ujar Khofifah.
 
Dalam kesempatan itu, Khofifah menyampaikan bahwa 77 persen Rastra sudah dibagikan di Kalimantan Barat. Adapun secara nasional, sudah mencapai 91 persen per Juni 2016. Pada tahun ini, Rastra yang dibagikan mencapai 42 juta ton, se-Indonesia.

Tribunnews.com/Valdy Arief Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Gudang Bulog Divre Alor, NTT, Jumat (28/8/2015).

Khofifah tidak menampik masih ada keluhan terdengar soal kualitas beras ini. Pantauan Kompas.com mendapati, keluhan itu antara lain datang dari Lampung.

"(Namun), kalau saya lihat, kualitas dan kuantitas beras (di gudang) ini bagus. Tapi bagaimana masyarakat menerima, itu seperti apa di lapangannya," kata Khofifah.

Perubahan nama Raskin menjadi Rastra disampaikan Khofifah pada Agustus 2015, saat bertandang ke Alor, Nusa Tenggara Timur. Penggantian tersebut, ujar dia, adalah untuk mengubah paradigma tentang beras itu.

Sebelumnya, ujar Khofifah, beras ini dianggap sekadar jatah bantuan untuk masyarakat miskin. Perubahan nama itu, kata dia, diharapkan memberi definisi baru bahwa Rastra adalah beras yang disubsidi Pemerintah untuk membawa masyarakat lebih sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com