Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Kabupaten Sebaiknya Punya Taman Teknologi Pertanian

Kompas.com - 07/06/2016, 17:12 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian berencana membangun Taman Teknologi Pertanian (TTP) di 100 kabupaten dan Taman Sains Pertanian (TSP) di 34 provinsi hingga tahun 2019.

Pembangunan TTP dan TSP di sejumlah daerah di Indonesia itu bertujuan mendorong potensi pertanian dengan mengedepankan komoditas unggulan di daerah masing-masing.

"Idealnya di setiap kabupaten ada, khususnya TTP. Dengan adanya otonomi daerah, pemerintah daerah berkewajiban untuk mendorong potensi pertaniannya," ujar Kepala Balitbang Pertanian Muhammad Syakir di Bogor, Selasa (7/6/2016).

TTP merupakan sebuah kawasan pertanian yang dibangun untuk mengimplementasikan inovasi aplikatif berbasis komoditas lokal yang matang dari hulu ke hilir.

Adapun TSP merupakan kawasan pertanian yang dibangun sebagai wahana penelitian, pengkajian, pengembangan dan penerapan inovasi pertanian sekaligus sebagai etalase dan tempat peningkatan kapasitas pelaku pertanian.

TSP lebih ideal dibangun di daerah yang lebih dekat dengan instansi penelitian dan pengembangan pertanian.

"Cara efektif untuk meningkatkan daya saing sumber daya komoditas lokal, tentunya harus ada inovasi," kata Syakir.

Pada 2015, Balitbang Pertanian telah membangun 16 TTP di 11 provinsi. Setiap TTP mengaplikasikan inovasi teknologi terhadap potensi pertanian lokal.

TTP Cikajang di Garut, Jawa Barat, misalnya, mengonsentrasikan potensi buah jeruk dan domba garut sebagai objek penerapan inovasi. TTP ini juga mencakup kegiatan hilir berupa pengembangan jaringan pemasaran dan perbaikan kualitas bibit.

Pada 2016, Balitbang sedang menggarap pembangunan 10 TTP di sembilan provinsi, antara lain di Sulawesi Tenggara, Riau, Jambi, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Bali.

Adapun TSP, Balitbang telah membangun enam TSP di enam provinsi.

"TSP dan TTP ini tidak hanya dapat dibangun oleh Kementerian Pertanian. Bisa oleh swasta atau pemerintah daerah yang ingin mendorong potensi pertaniannya dengan berbasis inovasi," kata Syakir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com